Friday, December 10, 2010

TEORI MOTIVASI

Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga boleh dikatakan sebagai rancangan atau keinginan untuk menuju kejayaan dan mengelakkan kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi bererti ia telah mempunyai kekuatan untuk mendapatkan kejayaan dalam kehidupan ..

Motivasi terdiri daripada dua iaitu motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsic. Motivasi yang bersifat intinsik merupakan perbuatan atau  pekerjaan  yang membuat seorang itu termotivasi, orang tersebut mendapat kepuasan dengan melakukan kerja tersebut bukan kerana rangsangan luar seperti pangkat ataupun duit atau boleh juga dikatakan seorang itu melakukan kerana minatnya.Manakala motivasi ekstrinsik tercetus kerana elemen-elemen luar pekerjaan seperti pangkat, kemahsyuran, pendapatan atau status hidup.



TEORI MOTIVASI
Motivasi dapat diertikan sebagai faktor pendorong yang berasal dalam dirimanusia, yang akan mempengaruhi cara bertindak seseorang. Dengan demikian, motivasikerja akan berpengaruh terhadap performansi pekerja.
Menurut Hilgard dan Atkinson, tidaklah mudah untuk menjelaskan motifasi sebab :
1.Pernyataan motif antar orang adalah tidak sama, budaya yang berbeda akan
menghasilkan ekspresi motif yang berbeda pula.
2.Motif yang tidak sama dapat diwujudkan dalam berbagai prilaku yang tidak sama.
3.Motif yang tidak sama dapat diekspresikan melalui prilaku yang sama.
4.Motif dapat muncul dalam bentuk-bentuk prilaku yang sulit dijelaskan
5.Suatu ekspresi prilaku dapat muncul sebagai perwujudan dari berbagai motif.
Berikut ini dikemukakan huraian mengenai motif yang ada pada manusia sebagai
factor pendorong dari prilaku manusia.
Motif Kekuasaan
Merupakan kebutuhan manusia untuk memanipulasi manusia lain melaluikeunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Clelland menyimpulkan bahwa motifkekuasaan dapat berfifat negatif atau positif. Motif kekuasaan yang bersifat negatifberkaitan dengan kekuasaan seseorang. Sedangkan motif kekuasaan yang bersifat positifberkaitan dengan kekuasaan social (power yang dipergunakan untuk berpartisipasi dalammencapai tujuan kelompok).

No comments: